Latest Updates

Manfaat dan Khasiat Daun dan Buah Melinjo

Khasiat tanaman melinjo

Melinjo atau tangkil adalah salah satu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat. Di Indonesia tanaman ini sangat mudah di dapatkan karena Indonesia kaya akan tumbuhan dan sayuran segar untuk makanan sehari hari. 

Bagi penderita asam urat (Hiperurisemia) sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daun ataupun buah melinjo . Hal ini benar karena melinjo mengandung purin. Peningkatan asam urat terjadi karena gangguan metabolisme purin dan asupan purin tinggi dari makanan secara berlebihan. Hiperurisemia terjadi karena gangguan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Hiperurisemia dapat disebabkan oleh faktor genetik dan dapat diturunkan. 

Kandungan Daun Melinjo : saponin dan flavonoid. 

Kandungan Biji melinjo mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. 

Efek farmakologis melinjo di antaranya sebagai peluruh kencing. 


1. Antioksida 

Mengandung antioksidan yang tinggi, mengusir radikal bebas, pemicu kanker dan mempercepat penuaan, mengurangi rasa mulas ketika hendak melahirkan Peluruh air seni Siapkan 50 gr kulit buah melinjo segar, kemudian kukus lalu makan sekaligus. 

2. Digigit anjing 

Siapkan buah melinjo muda atau secukupnya, kemudian dicuci bersih. Tambahkan 2 siung bawang putih atau bawang merah, dan 1 jari temulawak. Tumbuk halus semua bahan hingga menjadi bubur, lalu balurkan pada luka gigitan anjing. 

3. Penyakit mata, anemia dan busur lapar 

Untuk mengatasi penyakit mata, anemia dan bungsur lapar dapat menggunakan daun dan buah melinjo yang telah dimasak atau disayur. 

 4. Melancarkan proses persalinan 

Ambil beberapa lembar daun melinjo yang tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda, cuci hingga bersih, lalu diiris-iris seperti halnya irisan daun tembakau dengan arah irisan melintang. Setelah itu jemurkan dibawah sinar matahari hingga betul-betul kering. Bila akan digunakan, ambillah secukupnya dan seduhlah dengan air panas seperti halnya membuat air teh. Minumlah air tersebut setiap hari 2 kali ketika usia kehamilan sudah mencapai 8 bulan lebih. 

Semoga artikel tentang manfaat dan khasiat daun dan buah melinjo ini bermanfaat.

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Daun dan Buah Melinjo"

Post a Comment