Latest Updates

Kandungan dan Manfaat Buah Okra


Kandungan buah okra
Kandungan dan Manfaat buah Okra. Tanaman Okra (Abelmochus esculentus) diduga berasal dari Asia Tenggara, bahkan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tanaman ini tersebar ke berbagai daerah tropik dan subtropik seperti India, Afrika Barat dan Brasil, yang pada akhirnya lebih populer di negara-negara Eropa dan Australia. Kurang dikenalnya tanaman sayur ini dikarenakan kita belum mengetahui apa manfaat,kandungan dan kegunaan tanaman sayur Okra. Selama ini tanaman sayur Okra banyak diambil buah mudanya yang berbentuk silindris meruncing untuk sayur. Bahkan di beberapa negara seperti India, Srilangka, Jepang, Philiphina, Saudi Arabia dan Eropa, masakan buah Okra ini sangat populer. Bahkan dibeberapa wilayah di indonesia tanaman okra sudah dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan sumber serat alami. 

Okra juga dikenal nama ladyfingers karena bentuknya panjang dan meruncing di bagian ujungnya. Serupa dengan jari lentik seorang perempuan. Bagian tengahnya dengan berlubang-lubang dan berlendir. Menunjukkan bahwa sayuran berwarna hijau ini kaya serat. menurut beberapa penelitian, ternyata okra termasuk sayuran yang diunggulkan oleh para ahli gizi dan ahli kesehatan. Kandungan glutation (semacam komponen antioksidan) pada okra sangat bermanfaat untuk menjaga sel-sel agar tetap prima dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. 

Buah Okra mengandung banyak lendir karena kandungan seratnya yang tinggi. Ada beberapa cara Penggunaan buah Okra sebagai olahan makanan seperti campuaran pada sayur bening daun kelor, campuran pada sayur asem, untuk oseng-oseng, tumis, atau campuran “sambal goreng cabe”. Biji dari buah tua Okra dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri minyak dan protein, karena Okra memiliki kandungan minyak dan protein yang berkualitas bagus. Selain itu, buah Okra mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dimana pada setiap 100 gr buah muda Okra mengandung 1 gr lendir, 7 gr karbohidrat dan 70 –90 mg Ca. 

Manfaat Buah Okra untuk kesehatan :

  • Baik untuk jantung. Okra rendah kalori dan banyak mengandung protein. Ditambah lagi serat buah yang mudah larut membuat okra sangat bagus untuk jantung Anda. Selain mengurangi kolesterol okra juga membantu mengontrol tingkat tekanan darah. 
  • Mencegah diabetes. Dari penelitian ilmiah menunjukkan bahwa serat-serat dalam okra membantu dalam menstabilkan tingkat gula darah. Okra menjadi sarana pengontrol dalam penyerapan gula dari darah oleh hati. Okra sangat baik dikonsumsi dalam pencegahan diabetes. 
  • Mengatasi sembelit. Konten serat dalam okra mudah dicerna dan mempermudah pergerakan usus. Okra membantu penyerapan air berlebih dalam perut dan iritasi usus lainnya.  
  • Mencegah perkembangan kanker. Serat yang dikandung Okra adalah serat tidak larut (insoluble dietary fibre / IDF) berperan utama mencegah perkembangan kanker kolon. IDF akan meningkatkan volume feses, sehingga mengencerkan konsentrasi senyawa karsinogen. Kondisi ini akan menurunkan kesempatan senyawa karsinogen berinteraksi dengan dinding usus, sehingga memperkecil resiko kanker. 
  • Kaya akan vitamin. Okra juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah pada kulit. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin B juga hadir dalam tanaman okra. 
  • Memperlancar ASI. Okra juga dapat memperlancar air susu ibu (ASI) bagi ibu-ibu yang sedang menyusui dengan cara mengkonsumsi buah okra muda yang sudah dimasak atau dikukus selama 4 menit, dan menambah kecerdasan otak pada bayi yang disusui. 
  • Menjaga kesehatan. kulit Manfaat okra yang terakhir adalah mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap halus dan bercahaya. 

Demikianlah pembahasan tentang kandungan dan manfaat buah okra ini, semoga bermanfaat.

1 Response to "Kandungan dan Manfaat Buah Okra"

  1. hihi,, :-)
    saya tuh tahu buah ini, namun sering gak ngerti apa namanya?
    ternyata okra ya? dan manfaatnya sip juga tuh

    ReplyDelete