Latest Updates

Manfaat Bawang Putih


Manfaat bawang putih
Saat ada yang menyebutkan bawang putih, apa yang ada dipikiran anda?? Tentunya hal pertama yang anda ingat adalah salah satu bumbu masakan. Bawang putih (Allium sativum) merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Asia tengah dengan tinggi sekitar 50-60 cm dan termasuk kedalam family Liliacea, yang merupakan bahan utama untuk bumbu dasar makanan indoneia. Pada bawang putih terkandung mineral zinc, vitamin C dan A, sulfur, magnesium, germanium dan zat besi. Khasiat bawang putih sebagai antioksida, antibiotik alami dalam tubuh dan dapat meningkatkan ssitem imun tubuh karena dapat merangsang sel darah putih dan menghindari infeksi. Selain itu dengan kandungan insulinnya, bawang putih juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah serta menurunkan homosistein atau asam amino buruk dalam darah sehingga mempengaruhi kesehatan jantung. 

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan seperti dikutip Gen22 dari laman Boldsky.

Mengeluarkan Racun Tubuh
Tubuh kita seringkali kemasukan racun yang tidak kita sadari. Walaupun jumlahnya kecil, tetapi jika menumpuk, itu akan berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi jus bawang putih dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat yang satu ini sudah sering kita dengar, bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung, terutama mereka yang memiliki masalah jantung. Kandungan sulfida yang ada dalam bawang putih menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Baik Untuk Penderita Diabetes
Bagi Anda yang menderita diabetes, mengonsumsi beberapa siung bawang putih dapat meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bawang putih mengandung allicin, senyawa tersebut merupakan senyawa anti-jamur yang dapat melindungi tubuh dari infeksi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baik Untuk Kesehatan Telinga
Dua hingga tiga tetes minyak bawang putih hangat dapat membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan radang telinga. Menjaga Kesehatan Kulit Mengonsumsi bawang putih juga memiliki manfaat mengeluarkan racun tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan kulit menjadi lebih sehat.

Menghindari Sembelit
Bawang putih juga dapat meningkatkan sistem pencernaan. Mengonsumsi bawang putih setelah makan dengan cara dipotong kecil-kecil dan langsung ditelan dapat menghindari masalah sembelit. Terutama jika Anda sering mengonsumsi daging dan makanan berlemak. 

Mengatasi Flu Dan Mengeluarkan Dahak 
Semangkuk sup yang dimasak dengan bawang putih cincang dapat membantu mengatasi flu dan mengencerkan lendir. Selain sup hangat dapat menenangkan tubuh, bawang putih dapat mengencerkan saluran pernapasan akibat flu. 

Membantu Proses Penyembuhan Patah Tulang 
Minyak bawang putih dapat diusapkan pada kulit di atas bagian tulang yang retak. Pijatan lembut itu dapat membantu penyembuhan tulang yang retak atau patah. 

Mengobati Jerawat 
Seperti yang sudah dibahas dalam Mengobati Jerawat dan Makin Cantik Dengan Bawang Putih, Bawang putih dapat mengempeskan jerawat. Caranya, tumbuk bawang putih hingga halus lalu oleskan pada jerawat. Diamkan 10 menit lalu bilas. Akan lebih baik jika Anda lakukan pada malam hari. Jika jerawat belum begitu besar, maka jerawat akan mengempes keesokan paginya.

Kandungan Nutrisi dalam Bawang Putih 

Senyawa yang ada pada bawang putih adalah aliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

0 Response to "Manfaat Bawang Putih"

Post a Comment