Latest Updates

Manfaat Mentimun


Manfaat Mentimun
Mentimun yang nama latinnya Cucumis sativus merupakan buah yang paling banyak disukai oleh masyarakat luas. Selain untuk dikonsumsi mentimun juga banyak digunakan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Mentimun mengandung vitamin B dan C serta mengandung 95% air sehingga sangat baik untuk menghindari dehidrasi.
 
Berikut beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan

  • Mengencangkan pori-pori kulit. Merupakan toner yang baik bagi kulit yang dapat mengencangkan dan menutupi pori-pori yang terbuka. Caranya : campurkan mentimun dengan sari cuka apel, perasan lemon, putih telur, sari lidah buaya dan tomat. Kemudian oleskan ke kulit wajah. 
  • Mengurangi bintik hitam pada wajah. Bintik-bintik hitam pada kulit wajah disebabkan oleh cahaya matahari. Mentimun bisa dipakai sebagai tonik. Caranya : memarut dan mengoleskan mentimun pada seluruh sisi wajah dan leher. Dengan pemakaian parutan mentimun dengan teratur bisa mengurangi timbulnya bintik-bintik hitam pada wajah. 
  • Menghilangkan bau mulut. didalam mentimun mengadung supaya phytochemcials yang dapat membunuh bakteri pemicu bau mulut. cara menghilangkan bau mulut dengan mentimun sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Caranya : Ambillah seiris ketimun, lantas masukkan ke mulut serta tekan pada langit-langit dengan lidah anda. Biarlah 30 detik. 
  • Mengurangi bengkak pada kantung mata. Mentimun mempunyai kandungan asam askorbat yang berkhasiat untuk mengurangi retensi air hingga bisa mengurangi pembengkakan pada mata. Caranya : iris tipis mentimun dan tempelkan pada mata selama 30 menit. 
  • Memutihkan selangkah. Caranya, parut ketimun kemudian campur dengan buah lemon yang telah di haluskan kemudian aduk kedua bahan tersebut kurang lebih selama dua puluh menit. Setelah tercampur rata, usapkan pada bagian selangkangan anda. Diamkan selama beberapa menit kemudian cuci dengan air hangat sampai bersih. 
  • Menyembukan kulit terbakar. Bila Anda ada di bawah matahari dengan jangka waktu yang cukup lama dan mengakibatkan kulit Anda terbakar. Dampak pendingin yang didapatkan dari mentimun merupakan langkah alami dan lembut untuk menjadikan kulit seperti semula dan mempercepat sistem Caranya : tempelkan kulit ketimun dibagian kulit yang sakit, lantas diamkan sampai sebagian menit. 
Manfaat mentimun untuk kesehatan 

  • Sebagai anti kangker. Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol yang dapat menurunkan efek sebagian type kanker layaknya kanker payudara, ovarium, kanker rahim, serta prostat. 
  • Menurunkan hipertensi (darah tinggi). Pada penderita hipertensi mentimun berkhasiat menurunkan darah tinggi.

0 Response to "Manfaat Mentimun"

Post a Comment