Latest Updates

Manfaat Daun Kelor


manfaat daun kelor
Tanaman kelor atau moringe Oilefera merupakan merupakan tanaman yang daunnya berbentuk kecil-kecil dan bertangkai. Walaupun memiliki ukuran daun yang kecil tenyata daun kelor tersimpan manfaat dan kandungan nutrisi yang luar biasa besar. Dari beberapa penelitian diketahui daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangat besar seperti :
  • Kalsium 4 kali lebih besar dari yang dimiliki susu Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. 
  • Vitamin C 7 kali lebih besar dari yang dimiliki jeruk Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.
  • Vitamin A 4 kali lebih besar dari yang dimiliki wortel Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel. 
  • Potassium 3 kali lebih besar dari yang dimiliki pisang Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang. 

Manfaat Daun Kelor untuk obat 

Daun kelor berhasiat sebagai Anti mikroba, anti bakteri, anti inflamasi (anti radang), infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus herpes simplek (HSV-1), HIV/AIDS, cacingan, bronchitis, gangguan hati, antitumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf, kolik di saluran pencernaan, rematik, sakit kepala, antioksidan, sumber nutrisi (protein dan mineral), dan tonik.

Cara penggunaan daun kelor sebagai obat

  • Rematik, Nyeri dan Pegal Linu. Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.
  • Sakit Mata. Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata. 
  • Cacingan. Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari. 
  • Alergi. Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari.
  • Herpes,Kurap dan Luka Bernanah. Tujuh gagang daun kelor ditumbuk sampai halus dan tempelkan ke bagian yang luka sebagai obat luar.
  • Menghilangkan Flek Wajah. Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak. 
  • Penghancur Batu Ginjal. Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing. 

Semoga artikel tentang Manfaat daun kelor ini bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Daun Kelor"

Post a Comment