Latest Updates

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

manfaat bawang merah untuk kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan. Bawang merah ( Allium ascalonicum L.) merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae. Umbi yang dihasilkan tanaman ini digunakan oleh manusia sebagai bumbu masakan pada setiap masakan. Bawang merah yang sudah di iris sebaiknya langsung digunakan saat itu juga. Apabila bawang merah iris di simpan dalam waktu yang lama walaupun itu disimpan dalam mesin pendingin tetap tidak akan baik untuk kesehatan karena akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Seperti halnya bawang putih, selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain untuk kesehatan ternyata bawang merah berkhasiat untuk kesehatan rambut. Sebelum membahas tentang manfaat bawang merah, ada baiknya anda mengetahui zat yang terkandung dalam bawang merah.

Baca juga artikel tentang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Rambut

Kandungan Bawang Merah:
Bawang merah mengandung protein, lemak, fosfor, niacin, Vitamin B1, vitamin C, Kalsium, sulfur, asam fenol, enzim alinase, minyak atsiri, pektin dan flavonglikosida. Flavonglikosida berfunsi sebagai pembunuh bakteri, menurunkan panas dan antiradang.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan :
  1. Menyembuhkan sembelit bawang merah mengandung serat yang dapat membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika Anda menderita sembelit, jangan segan untuk makan bawang merah mentah. Menurunkan Demam Parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak zaitun dan jeruk nipis dapat menurunkan deman. Oleskan ramuan tersebut ke kepala dan leher secara merata. Kemuadian bungkus kepala dengan kain. Ramuan ini akan sangat efektif jikan dioleskan sebelum tidur malam. Keesokan harinya anda akan dapat merasakan deman yang menyerang anda akan jauh berkurang. 
  2. Masalah pendarahan Wasir atau hemoroid dapat disembuhkan dengan bawang merah. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati pendarahan di hidung. Caranya cukup mudah kok. Iris bawang merah dana hirup baunya secara perlahan. 
  3. Mengontrol diabetes Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Jadi, jika Anda menderita diabetes, perbanyak konsumsi salad bawang secara teratur. 
  4. Melindungi jantung Konsumsi bawang merah mentah secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit jantung koroner. Makanan ini juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat. 
  5. Mengontrol kadar kolesterol Apabila anda mempunyai penyakit kolestrol, komsumsilah bawang merah karena herbal ini dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolestrol jahat (LDL). Bawang merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 
  6. Mencegah kanker Dengan kandungan senyawa belerang dan Sulfur di dalam bawang merah, dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih . 
Itulah manfaat bawang merah untuk kesehatan.

0 Response to "Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan"

Post a Comment